Full width home advertisement

Travel the world

Climb the mountains

Post Page Advertisement [Top]

BAB I

PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang

Manusia pada zaman sekarang dasarnya tidak pernah lepas dari yang bernama sandang, pangan dan papan. Mala dari itulah yang menjadi dasar pemikiran bagi setiap wirausahawan untuk terus mengembangkan kreativitas mereka pada bisnis dan berlomba – lomba untuk terus melakukan inovasi.

Namun pada zaman modern sekarang ini manusia tidak hanya terikat pada sandang, pangan dan papan saja melainkan juga bergantung kepada kemajuan teknologi dalam segala aspek yang dimulai dari kehidupan manusia yang paling kecil sekali pun seperti halnya pada saat akan membeli makanan. Pada zaman sekarang manusia tidak perlu pergi jauh – jauh pergi ke toko makanan untuk membeli makanan tersebut, dengan bantuan teknologi kita dapat melakukan pemesanan melalui via phone dan online.

Mengapa saya memilih teknologi sebagai bentuk dari wirausaha yang saya geluti dan tekuni sebab karena saya berpikir setiap hari tidak ada seorang pun yang tidak behubungan atau melalukan aktivitas yang berhubungan dengan teknologi itu kuncinya, tujuan saya tidak lain adalah untuk menarik minat konsumen melalui ide tentang “Pasang Custom Rom dan Rooting Pada Smartphone Android” selain konsumen membeli produk jasa yang saya berikan.

1.2  VISI
Menjadi wirausahawan yang mampu bersaing dalam dunia global dan selalu menjadi trendsetter di kancah wirausaha dalam bidang teknologi
Selalu berkreasi dalam hal kuliner dengan memunculkan ide – ide usaha yang inovatif dan motivatif.

1.3  MISI
·         Mengedepankan pelayanan.
·         Menjadi pelopor dalam hal teknologi.
·         Selalu mendengar masukkan konsumen.
·         Melihat produk dengan kualitas bukan kuantitas.
·         Selalu Up to Date dalam bidang teknologi.


BAB II

GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
2.1 Analisa Peluang Usaha

Sebelum membuka usaha alangkah baiknya sebagai wirausahawan kita dapat memetakan kekuatan atau ancaman – ancaman yang mungkin akan terjadi dihari esok atau dikemudian hari untuk itulah diperlukan analisa yang bersifat antisipatif dengan persaingan dan ancaman untuk itu kami menggunakan analisis SWOT guna menyimpulkan rencana usaha ini.

                  A.    Kekuatan (Strong)
-          Jasa yang saya berikan bergaransi.
-          Belum ada inovasi yang sama seperti inovasi yang kami buat.
-          Harga Jual Bersaing.
-          Mengedepankan keinginan costumer.

Hal yang perlu dilakukan setelah analisis :
-          Terus mempertahankan kualitas rasa, jangan sampai berubah.
-          Selalu berusaha up to date dalam bidang teknologi.
-          Diusahakan untuk terus menawarkan harga jual yang bersaing dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat.
-          Selalu menonjolkan keinginan costumer dibanding kepentingan diri sendiri.

                  B.     Kelemahan (Weakness)
-          Perkembangan teknologi yang sangat cepat.

Hal yang perlu dilakukan setelah analisis :
-          Memperhitungkan langkah yang harus ditempuh agar tidak tertinggal dalam perkembangan teknologi dengan selalu berusaha mencari informasi melalui orang lain, buku, maupun internet.

                  C.     Peluang (Opportunity)

-          Belum ada ide inovasi seperti ini jadi dapat menjadi trendsetter baru didunia teknologi.
-          Kesempatan menyebarkan luaskan produk ini dengan produk jasa yang saya berikan sangat mudah.

Hal yang perlu dilakukan setelah analisis :
-          Mulai membuka tempat service HP atau smartphone di lokasi yang dianggap strategis.
-          Karena masih baru butuh pemasaran dan pengenalan produk jasa secara extra.

                  D.    Ancaman (Threat)
-          Apa bila usaha pelayanan jasa yang kami peroleh memperoleh kesuksesan maka akan muncul banyak usaha – usaha dalam bidang yang sama.

Hal yang perlu dilakukan setelah analisis :
-          Mempersiapkan untuk mencari pelanggan sebanyak-banyaknya pelanggan yang loyal tetap akan membeli produk jasa Anda walaupun ada pesaing yang banyak jumlahnya.



BAB III

METODE PELAKSANAAN
3.1 Tahap Pra Usaha
·         Perencanaan
Hal pertama yang dilakukan pada saat tahap perencanaan yaitu survey pasar yang dilakukan sebagai langkah awal dalam memulai sebuah usaha. Tujuan dilakukannya survei  adalah untuk mengetahui kondisi pasar, minat konsumen, dan perencanaan inovasi lebih lanjut.
·         Persiapan
Persiapan yang perlu dilakukan adalah meliputi persiapan dalam pemilihan dan penyediaan tempat serta sarana dan prasarana untuk menunjang proses produksi.
Persiapan dan pengadaan keseluruhan perlengkapan dan internet untuk langkah awal memulai suatu usaha. Persiapan perlengkapan yang lengkap akan memudahkan saat proses  seuatu usaha.
·         Pengadaan Produk
Pembuatan sampel barang diperlukan sebagai langkah awal untuk mengetahui kualitas suatu produk sebelum nantinya dipasarkan dalam jumlah besar. Dalam pembuatan tester atau alat uji coba, hal yang perlu dilaksanakan untk mengetahui berjalan atau tidaknya custom rom tersebut, penampila setelah menggunakan custom rom dan roting. Sampel yang telah dibuat kemudian dibuat sebagai acuan untuk mengenali selera masyarakat dan dapat dijadikan sebagai tolok ukur produk yang bagaimana yang sesuai dengan selera masyarakat.
3.2 Tahap Produksi
·         Pelaksanaan Produksi
Proses produksi merupakan kegiatan inti dari aktivitas wirausaha, kegiatan produksi memiliki beberapa tahapan, tahapapn tersebut meliputi persiapan alat – alat atau perlengkapan, kegiatan pencarian atau pun download custom rom sesuai dengan tipe – tipe smartphone  dan penyebarluasan produk jasa, dan juga pemasaran kepada konsumen
Salah satu kegiatan produksi adalah pemasaran. Pemasaran merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting karena dengan pemasaran, produk yang dihasilkan dapat dipasarkan kepada konsumen. Pemasaran dapat dikatakan berhasil apabila terdapat suatu strategi pemasaran yang efektif dan menarik bagi konsumen, misalnya melalui mekanisme penentuan segmentasi pasar dan pemasaran melalui media-media sosial yang atraktif dan dapat menarik konsumen. Pemasaran juga harus memperhatikan segmentasi konsumen dan segmentasi lokasi pemasaran, kegiatan promosi dan kegiatan perluasan usaha atau pangsa pasar.
3.3 Pasca Produksi
Tahapan akhir yang dilakukan adalah kegiatan pelaporan yang berada pada tahap pasca produksi. Tahap pelaporan berisikan laporan data keseluruhan kegiatan mulai dari tahap pasca produksi dan tahap produksi dengan durasi waktu tertentu. Tahap pelaporan ditujukan untuk mengetahui rangkaian kegiatan usaha dan keuntungan yang didapat, sehingga diperoleh data yang akurat sebagai bahan evaluasi.
3.4 Proses Produksi
Berikut bahan-bahan, perlengkapan dan proses untuk melakukan custom rom dan root.
            Bahan :
-          Internet Service Provider ( MNC Play, Telkomsel, Indosat Ooredo, dan 3 )
-          Software aplikasi ( Odin, TWRP atau CWM, King Root,Super User,dst )
-          Pulsa
Perlengkapan :
-          Smartphone yang akan di custom rom dan root.
-          Kabel data ( USB Cable ).
-          MMC Phonsel ( Memori Card Phonsel ).
-          Komputer
-          Laptop
-          Harddisk
-          Flashdisk
-          Doa

Proses Custom Rom dan Root pada Smartphone ( Saya mencontohkan menggunakan smartphone android merk Xiaomi seri Redmi Note 2 prime Ram 2gb, Rom 32gb, dan Android versi Lolipop dari ROM MIUI milik Xiaomi Ke CyanogenMod Milik One Plus )
Syarat :
-          TWRP Installed
-          Baterai diatas 70%
Download :
-          CyanogenMOD 12.1
-          Gapps
Tutorial Install :
-          Reboot to CWM / TWRP
-          BACKUP (Wajib)
-          Wipe Data
-          Wipe Cache
-          Wipe Dalvik
-          Install Zip from SDCard
-          Install CM12.1
-          Install Gapps
-          Reboot


BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN
4.1  Aspek Biaya
Investasi yang di perlukan :
No
Investasi yang di perlukan
Harga satuan
Jumlah
1
Smartphone Xiaomi Redmi Note 2 prime
Rp 2.100.000
1
2
ISP MNC Play 20 Mbps
Rp 600.000
1
3
ISP Telkomsel 14 GB
Rp 60.000
1
4
ISP Indosat 12 GB
Rp 60.000
1
5
Pulsa
Rp 300.000
1
6



7
Total Investasi
Rp. 3.120.000


Jumlah Harga Satuan                               : Rp 50.000
Biaya Pemasaran                                      : Rp100.000
Biaya umum/bulan                                   : Rp 920.000
Sewa/tempat                                            : Rp 0
Gaji karyawan                                          : Rp 0
Total jumlah biaya tetap per bulan           : Rp 1.070.000


4.2. Jadwal Kegiatan
No
Jenis Kegiatan
Bulan ke-
1
2
3
4
5
1
Pembentukan Kelompok





2
Perencanaan Usaha





3
Pembuatan Proposal





4
Pelaksanaan Usaha









No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]